Laman

Minggu, 13 April 2014

Ingin Melihat Sunset, Ke Ulee Lheue Aja!!!



Banda Aceh merupakan salah satu kota di Provinsi paling barat Indonesia. Setelah peristiwa tsunami tahun 2004 lalu yang meluluhlantakkan Aceh, Pemerintah kota Banda Aceh bekerja keras berbenah dan menata ulang kembali kota yang sempat porakporanda dan menjadikannya model kota madani berbasis syariat Islam.
Letaknya di ujung pulau Sumatera dan dikelilingi oleh pantai-pantai eksotis yang indah menjadi salah satu destinasi wisata yang harus dikunjungi oleh para traveller. Salah satu pantainya adalah Pantai Ulee Lheue, yang terletak di kecamatan Meuraksa, Banda Aceh, Aceh. Disinilah terletak pantai dan Pelabuhan Ulee Lheue. Pelabuhan Ulee Lheue menjadi andalan objek wisata Kota Banda Aceh karena perairannya berhadapan langsung dengan Pulau Aceh dan Pulau Sabang dan memiliki panorama sunset yang indah. Lokasinya mudah diakses karena tidak jauh dari pusat kota, sekitar 15 menit berkendara  dari Pusat Kota melewati Blang Padang dan Punge Blang Cut. Sangat tepat untuk rekreasi keluarga, melepas penat usai bekerja atau hanya sekedar hang out  dengan sahabat melewati senja bersama.
Ramainya pengunjung pantai Ulee Lheue

Pemandangan di depan pintu Gerbang pelabuhan Ulee Lheue

 
 Melewati Senja di Pantai Ulee Lheue bersama sahabat


Pantai Ulee Lheue merupakan salah satu kawasan wisata yang terkena dampak parah saat tsunami 2004 silam yang meluluhlantakkan hampir seluruh kawasan ini. Pascatsunami, kawasan Ulee Lheue dibenahi oleh pihak Pemerintah Kota Banda Aceh dengan membangun tanggul pengaman dan jalan dua jalur yang menghubungkan Banda Aceh menuju pelabuhan penyeberangan. Ulee Lheue tetep mempesona dengan keindahannya. Panorama di pantai Ulee Lheue ini amat memikat hati siapa yang melihatnya. Bagaimana tidak, siang hari bagaikan lukisan alam yang dihiasi barisan pegunungan serta pulau-pulau kecil di kejauhan, paronama ini semakin terlihat cantik saat matahari hendak kembali ke peraduaannya. Bila malam hari lampu warna-warni menghiasi indahnya kawasan ini.

 Eksotisnya Sunset Ulee Lheue

 Sunset dalam genggagam...aseeekkk :)

 
 Ufuk Merah di Langit Ulee Lheue

 
 Lampu warna warni semakin menambah keindahan pantai di malam hari
(sumber foto: http://www.acehtourismagency.blogspot.com/)

Pengunjung pantai Ulee Lheue selain dapat menimati keindahan suasana pantai yang berair tenang, juga bisa mencoba permainan air seperti bebek air atau menyewa boat kecil untuk sekedar memutar mengelilingi pantai. Selain itu, kawasan ini juga dipenuhi pemancing yang ingin memancing ikan karang seperti ikan kerapu atau rambe dan bahkan mereka bisa berkoordinasi dengan nelayan setempat untuk meminjam atau menyewa perahu dan memancing ke laut.
 Sore hari banyak pedagang kaki lima yang menjajaki dagangannya di sepanjang jalan di tepi pantai. Ada yang berjualan kelapa muda, jagung bakar, siomay, sate dan makanan ringan lainnya. Selain dikenal dengan wisata alamnya, Ulee Lheue juga dikenal dengan wisata kuliner. Situasi ini sangat cocok menjadi tempat nongkrong dan bersantai di sore hari bersama keluarga dan sahabat. Melihat sunset yang indah sembari menikmati kuliner yang tersedia disana. Pengunjung bisa duduk di tempat yang rindang atau di batu-batu besar yang menjadi tanggul yang menghadap langsung ke laut. Tak ada salahnya jika ingin berlama-lama disiram sinar mentari. Karena berjemur di pantai memang bisa menyehatkan kulit. Waktu yang sehat untuk berjemur antara pagi hingga pukul 11.00 atau dari pukul 15.00 hingga matahari tenggelam, bisa jadi waktu tepat untuk berjemur. Hindari berjemur disiang hari karena dapat membahayakan kulit.
Jagung Bakar, makanan favorit di Ulee Lheue. Dijamin rasanya top markotop

 
 menikmati kuliner sambil melihat indahnya panorama sunset

 Mencoba salah satu kuliner andalan disana: Pulot bakar dan kuah durian..Maknyusssss!

Kondisi Pantai Ulee Lheue terbilang tenang sehingga memungkinkan untuk berenang atau bermain pasir, naik bebek air, memancing, ataupun hanya duduk sambil melihat pesona burung pantai dan temaram tenggelamnya Matahari.



 

 cocok banget buat santai bareng keluarga

Kelebihan pantai ini adalah lokasinya yang strategis, mudah dijangkau dan cukup ekonomis. Pantai ini dibuka hingga magrib, malam hari ditutup untuk menghindari terjadinya perbuatan negatif yang melanggar syariat.  Usai melihat sunset pengunjung bisa melaksanakan shalat di Masjid Baiturrahim. Satu-satunya bangunan dipinggir Pantai Ulee Lheue yang berdiri kokoh saat Tsunami menerjang, sementara bangunan lain yang berada di sekitarnya luluh lantak di hantam Gelombang Tsunami. Sungguh kekuasaan Allah yang maha dahsyat. Sungguh menambah kesyahduan dan kekhusyukan melaksanakan shalat disini.
Ingin menikmati eksotisnya panorama Pantai Ulee Lheue? Datanglah Ke Banda Aceh, nikmati keindahan alam dan rasakan eksotisnya pantai di Ujung Pulau Sumatera ini. Wonderful Aceh ^_^

Tulisan ini saya ikutsertakan dalam lomba Banda Aceh Blog competition 2014.  

60 komentar:

Azhar Ilyas mengatakan...

Ulee Lheue, dulu suka sekali bersepeda ke sana. Udaranya masih fresh :-)

Nurul Hikmah Alghazel mengatakan...

Iya kalau pagi2 fresh udaranya, sekarang masih suka sepeda kesana bang???

Siti halimah mengatakan...

subhanallah...bagus banget,,,

Syarfina S. Malem mengatakan...

Sate nya enaak kali di ulee lheu itu, pernah naik bebek gk bs balek lg :D

Nurul Hikmah Alghazel mengatakan...

Kak siti halimah: makasih kak..mohon dukungan dan bimbingannya juga :D

Syarfina: hahahaa..kok bisa???bebeknya sesat karna ga dikasih gps tu...hehehe

Juliannisa An mengatakan...

There is no option like "insert picture" here, wanna add my some gorgeous sunset photos i grabbed there.. :D
Ituu foto yg pling atas, cintaa cintaa cintaaa ^^

Siti halimah mengatakan...

setelah tertunda naik banana bout, akhirnya kk bs jg berkunjung naik bebek angsa diule lhe...memang tempat yg indah disore hari...sukses terus ya dalam berkarya menerbitkan wisata indah.

Nurul Hikmah Alghazel mengatakan...

Juli: hahahahhaaa...
tadi baru liat lombanya, angkat tema ulee lheue habistu lgsg obok2 foto di laptop, ya udah cuma itu yg ada...kepake juga foto makan duren itu..hihihi

Nurul Hikmah Alghazel mengatakan...

kak siti: hehehe...sampe sekarang belum sempat naik banana boat...
semangat promosiin wisata aceh. Wonderful aceh...^^

Siti halimah mengatakan...

wajib promosi dong...

Nurul Hikmah Alghazel mengatakan...

pastinya dong...anak muda aceh harus promosiin aceh..kalau bukan kita siapa lagi??klo bukan skrg kapan lagi??hehehehehe

Siti halimah mengatakan...

itu baru nmnya eksis...

Nurul Hikmah Alghazel mengatakan...

hehehe...eksis bikin manis

Siti halimah mengatakan...

emg kismis...

reza muttaqin mengatakan...

dibalik musibah tsunami yang menimpa orang Aceh, ternyata ALLAH memberikan sesuatu yang indah salah satunya pantai ulee lheeu, dmana setelah terjadinya musibah pantai ulee lhee banyak tidak hanya indah tapi pngunjungnya sudah mencapai taraf internasional, apalagi sunsetnya begitu indah.
itu salah salah satu tempat faforit saya kak Nurul, dmna saya sering memancing ikan disana, tidak hnaya siang, sore, tapi sampek malam.. hehehe
sambil menikmati kuliner jagung manis bakar.

Nurul Hikmah Alghazel mengatakan...

Reza: Alhamdulillah, aceh sangat kaya dengan sumber daya alama apalagi wisata baharinya...Semoga pemerintah dapat mengelolanya dengan baik.
Ntar kapan2 ajak ya kalau macing...hehehe

Nurul Hikmah Alghazel mengatakan...

kak siti: kismis yang manis itu ya???
kapan kak kita maen2 ke ulee lheue?ayooo dong ke Banda Aceh lagi

Siti halimah mengatakan...

tunggu aja... :)

Nurul Hikmah Alghazel mengatakan...

udah lama kan ga kesini???wiihhhh...banda aceh banyak li perubahan...kulinernya jg...pantainya juga..ntar naik banana boat kita...sekalian ajak dedek bayinya..hihi

Serik Rezeki mengatakan...

pengen liat sunsetnya, akhir 2010 cuma lewat aja di Ulee Lheue.. udah rame juga jajanannya..
sekarang makin rame makin cantik ya nurul??
jadi makin pengen ke sana, sunsetnya tuuuhh~~

Siti halimah mengatakan...

tenang aj dek....siapin bagdenya terus...masalah kuliner pasti ditampung dah asal ada sunset semua dikunyah...jangankan naik banana naik apple pun boleh...

Nurul Hikmah Alghazel mengatakan...

sekarang penuh kak...dri awal masuk smpe depan gerbang pelabuhan penuh dengan pedagang...makanya elee lheue smkin terkenal krna kulinernya...kalau sunsetnya widiihhh keren deh pokonya...ayooo kak main2 lagi kesini..bisa juga liat di lhoknga..klo di lhokseumawe ga dpt sunsetnya..huhu

Nurul Hikmah Alghazel mengatakan...

hahahahaha....kalau udh liat sunset makan 1 jagung bakar ga bakalan habis kak...sangking terpananya...hahahahahahaha
masalah itu gampang...yg pntg kesini dlu.

Nurul Hikmah Alghazel mengatakan...

makasih kak srik udah berkunjung :)

Verri Al-Buchari Keuramat mengatakan...

Wisata indah Ƴά̲̣ηƍ murah Meriah..
"̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐƗƗɐƗƗɐƗƗɐ"̮‎​​.

Nurul Hikmah Alghazel mengatakan...

iya...strategis, ekonomis dan romantis...hehehe
cocok bget buat ngumpul sm teman2 hbis pulang kuliah atau kerja..
makasih udh berkunjung :)

elinda fitria mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
elinda fitria mengatakan...

keren di ateuh bareh keren roel...
bagi pulot@ beh .....;)

mutia sari mengatakan...

aceh dengan sejuta keindahan :)

Nurul Hikmah Alghazel mengatakan...

hehee...bereh nyan...pajan man ta duk sigoe di ulee lheue sambil reunian aneuk exoneal...menye na tanyoe heboh kali tu pantai...hahahaha

Nurul Hikmah Alghazel mengatakan...

pastinya...sebelum ke sabang tia harus ke ulee lheue dulu...liat pulau sabang dr kejauhan...hheheee
makasih udh berkunjung :)

Aar Rabel mengatakan...

aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa jadi pengen ke banda lagi....

Nurul Hikmah Alghazel mengatakan...

aishhh...sabang ga kalah eksotisnya sm banda kak...ayooo ke banda aceh lagi...

khisna wahyuni mengatakan...

tq nurul info kuliner n swasana baru dsn,,,

Nurul Hikmah Alghazel mengatakan...

sama2 kak..pastinya banda aceh semankin indah...makasih udh berkunjung :)

khisna wahyuni mengatakan...

:) sm2 nurul..

Siti halimah mengatakan...

bukan masalah kuliner...tapi kalo tempatnya nyaman dan menyenangkan...pasti kulinernya jd pendukung...ule lhe emg tempat yg strategis..

Nurul Hikmah Alghazel mengatakan...

iya ya...udh jgn cuma koment...langsung capcus kesini...biar merasakan sensasi realnya...hahahaa

Mukhlisuddin Marzuki mengatakan...

Wah...ulee le e begitu menggoda...

Mukhlisuddin Marzuki mengatakan...

Kereeeennn

Nurul Hikmah Alghazel mengatakan...

iya..ulee lheue smakin cantik. aceh kaya dengan panorama pantainya, makanya pascastunami kmebali ditata dan dipromosikan wisatanya...
ayooo ke ulee lheu liat sunset sambil makan jagung bakar dan kelapa muda..hehehee
makasih udh berkunjung :)

Siti halimah mengatakan...

tenang aja bunda nurul...ntar klo dah tambah anggota kita pasti kesitu, sekarang mah lg cuti. bebeknya di charter trus ya...:)

Reza Kurniawan mengatakan...

buk *tunjuktangan*
pulot saboh beh ?

koment juga kak (y)
http://musikanegri.blogspot.com/2014/04/gunongan-bukti-cinta-sultan-kharismatik.html

Eva Fadhilah mengatakan...

tulisan@ bagus dek, setuju dgn apa yg d sampaikan. mmg benar apa yg penulis ceritakan, sampai sekarang Ulee lheue tempat favorit saya untuk mlihat sunset.

Nurul Hikmah Alghazel mengatakan...

pulotnya pake kuah durian atau ga????hehehehee
sip...ntar dikunjungi
makasih udh mampir..:)

Nurul Hikmah Alghazel mengatakan...

apalagi sama org tersayang...liat sunset sambil makan jagung bakar manis...pasti lebih mantap..hehe
makasih kak sudah berkunjung :)

mifta elra mengatakan...

Waaaaaa....Kuaangeeen aceh....

Tu tempat gratis buat reunian...beli bakso goreng 5rb nongkrong dah dipinggir laot tu..

Kapan2 kita makan pulot tu lagi ya..juli traktir ^-^

Siti halimah mengatakan...

pengen jagung ule lhue...

Nurul Hikmah Alghazel mengatakan...

iya...makanya selain eksotis tempat ini juga ekonomis banget...
besok rencana mau nongkrong disana bareng anak tukok..mumpung libur...si juli yg traktir..hehehehe

Nurul Hikmah Alghazel mengatakan...

apa perlu dipaketin kak???hehehe

Ridha Sahputra mengatakan...

dulu Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Cenderawasih Papua pernah makan jagung bakar sampe 15 buah untuk 3 orang... Katanya disini jagungnya enak2 dan g keras... trus harganya murah cuma 5 ribu... di papua 1 itu 15 ribu.... hehehhe

Nurul Hikmah Alghazel mengatakan...

wesss...mantap! wonderful ulee lheue dah pokonya...
hidup jagung bakar..#eh :)

Siti halimah mengatakan...

klo ke ule lhe udah pasti mesti makan jagung bakar, abis bau aspnya aj ga tahan...hehehe

Aceh Planet mengatakan...

Mantap Banget Tulisan ya.
Destinasi Lengkap Aceh cuma Ada di : http://acehplanet.com/

hendri aceh mengatakan...

Mantappp,,, tulisannya bagus, suasana alam di pantainya pun bagus. Suasana alam menginspirasi tulisan.

Nurul Hikmah Alghazel mengatakan...

Aceh planet: makasih...mari promosikan aceh.

Hendri: makasih udah berkunjung, mari sama2 kita jaga kekayaan alam Aceh.

Cek Ly mengatakan...

Sunset yang indah mank di Ulee Lheu, jgn lupa mampir ya : http://charmingaceh.blogspot.com/2014/04/jangan-ke-banda-aceh.html

sqone ijal mengatakan...

Bagus artikel nya, jangan lupa mampir kemari ya : http://bandaacehvisit.blogspot.com/2014/04/banda-aceh-icon-para-cendekia-aceh.html

Nurul Hikmah Alghazel mengatakan...

Cek Ly dan Sqone ijal: makasih ya udah mampir...:)

Muhammad Syarif,S.HI,M.H mengatakan...

mantap, mampir juga kemari ya: http://informasi-syarif.blogspot.com/2014/03/hutan-kota-icon-paru-paru-serambi-mekkah.html