Laman

Minggu, 30 September 2012

Finally, I Finished it!


Hari yang Dinanti.
Hari ini, kamis 20 September 2012 adalah hari paling bersejarah tidak hanya bagi warga Jakarta yang akan memilih Gubernur Baru (Foke atau Jokowi)..hehehehe, tetapi juga bagi para mahasiswa IAIN Ar-Raniry yang akan diwisudakan hari ini di Gedung Auditorium Ali Hasymi, Banda Aceh. Semua orang berbahagia, senyuman kebahagiaan dan kebanggaan yang terlihat disetiap bibir para wisudawan dan para orang tua. Betapa tidak, hari ini semua usaha akan terbayar, usaha menyelesaikan studi sarjana dengan susah payah. Dari awal perjalanan sampai pembuatan tugas akhir yang begitu menguras emosi, keringat dan airmata (tentu kita punya kenangan masing2 tentang betapa jungkir baliknya kita mengejar dosen, stress dengan pertanyaan “skripsi udah siap?” yang ditagih orang tua dan teman2 serta deraian airmata yang kerap menghiasi kala skripsi tak kunjung selesai). Tapi hari ini kita wisuda kawan, saatnya bilang “wooowwww!!!” :p

Lihat saja, lokasi disekitar audit begitu dipadati oleh keluarga besar para wisudawan yang berdatangan dari kampung nun jauh disana. Bahkan ada yang belum pernah ke Banda Aceh dan hari ini mereka bela-belain datang, bahkan dari luar negeri. Walaupun panas tidak menyurutkan keinginan mereka menyaksikan anak mereka diwisudakan. Bagi setiap orang tua melihat anaknya wisuda merupakan suatu kebahagiaan dan kebanggaan yang tak terkirakan, (walaupun setelah itu menjadi pengangguran.hehehehe). Kebahagiaan itu diatas segala-galanya karena mereka bisa menunjukkan bahwa telah mampu menyekolahkan anaknya hingga jenjang kuliah. Andai bisa diilustrasikan, para orang tua akan berteriak kepada seisi jagat ini “ Woi, hari anakku wisuda, Terima kasih ya Allah. Semoga ia mendapatkan kesuksesan dalam hidupnya” atau “ Akhirnya engkau wisuda Nak, Bapak/Ibu bangga Padamu”. Kata2 itu ada disetiap benak para orang tua, ya walaupun sebagian dari mereka tidak pernah mengutarakan kalimat itu kepada anaknya. Namun, kebahagian diwajah mereka cukup menggambarkan betapa mereka sangat mencintai anak-anaknya dan bangga sebangga-bangganya..Kita semua tau itu!
Suasana di sekitar Auditorium Ali Hasymi

Itu juga terlihat dari raut wajah orang tuaku, senyum dan tatapan mata ayah dan mamak yang begitu bahagia dan bangga sangat nampak jelas ku lihat di wajahnya yang semakin tua. Ayah sudah lebih 6 tahun mengidap penyakit tampak begitu kurus dan lebih tua dari umurnya. Padahal 2 hari sebelum wisuda, keadaan ayah drop dan melemah karena gulanya naik bahkan harus dipanggilkan dokter ke rumah, tetapi mamak tidak memberitahukanku hal tersebut, mungkin Mak tidak ingin merusak kebahagiaanku. Mamak hanya menghubungi adek yang bungsu, malamnya aku baru mengetahui hal itu, maka doa yang terpanjatkan hanya “ Ya Rabb, sembuhkan ayah hamba dan berikan kekuatan baginya untuk menghadiri wiisuda hamba. Berikan kesempatan bagi kedua orang tua hamba menyaksikan wisuda” hanya itu yang aku minta sama Allah sepanjang malam. Alhamdulillah sehari sebelum wisuda akhirnya kedua orang tuaku beserta beberapa orang saudara menuju Banda Aceh.
Akhirnya Terbayar Semua Kegagalan 4 Tahun yang Lalu.
Begitu gemetar tubuh ini ketika namaku disebutkan
diantata 8 orang Cumlaude yang dipanggil ke depan untuk mendapatkan penghargaan dari Rektor. Spontan mata ini berair, namun ku tahan agar make-up ga luntur karena sebentar lagi semua mata akan tertuju padaku, hehehehe(ga ngaruh..)
Karena sebelumnya aku mendapatkan info dari Fakultas bahwa tidak ada cumlaude (istimewa) di tingkat Institut jika tidak menamatkan studi 3.5 tahun. Jadi aku tidak terlalu berharap, namun apa yang terjadi hari ini begitu membuatku bersyukur, Allah mengabulkan semua doa dan impianku. Thanks Rabb, Alhamdulillah^^. Semua kegagalan 4 tahun yang lalu, keringat dan air mata yang bercucuran selama menyusun skripsi dan kesedihan orang tuaku semalam akhirnya terbayarkan dengan dipanggilnya namaku ke depan atas predikat kedua terbaik (cumlaude) yang ku raih dari 8 orang cumlaude di tingkat Institut. Setelah menerima penghargaan, semua teman disekitarku menjulurkan tangannya memberikan selamat. Langsung ku raih hape di tas karena ada sms yang masuk, semua sms sama!!! yaitu ucapan selamat dari teman2 atas wisudaku, diantara beberapa sms ada sms dari Mak langsung saja ku buka:
“Mak ada lihat adek dipanggil ke depan ayah jg ada. Mak terharu krn adek tlh membanggakan kedua orang tua. Mak sm Ayah selalu berdoa smg adek sukses dalam segala urusan. Amiiinnn”
Rupanya ayah juga sudah di dalam gedung, padahal undangan hanya berlaku untuk satu orang. Tak sadar ada butir2 panas yang mengalir di sudut mata ini, tak peduli maskara ini luntur langsung saja aku membalas:
“Iya mak, penghargaan ini adek persembahkan buat Mak dan Ayah. Sebentar lagi adek dipanggil untuk ambil ijazah, Fak. Dakwah nomor urut 20”
Beberapa menit setelah mendapatkan penghargaan dari Bpk. Rektor^^


Finally, i got big hug from my mom n my dad...the game is over foe this lever n i’m the winner...sadaaaaaaaaaaaaapppp hahahahahaha!!!
 Love One Big Family

Saatnya Bilang Alhamdulillah, Kita Lulus Bareng!!!
10 tahun kita menuntut ilmu bersama-sama dari Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah sampai Kuliah, ditempat yang sama pula. Setamat dari Pondok Pesantren, kami melanjutkan kuliah di Banda Aceh. Saya melanjutkan studi di Bimbingan Konseling Islam, Fitrina melanjutkan di Pendidikan Bahasa Arab, Juliannisa di Pendidikan Bahasa Inggris dan hanya Dara yang melanjutkan studinya di Universitas Syiah Kuala prodi Teknik Kimia.
Setelah susah bergelut dengan ratusan sks dan jam kuliah, akhirnya hari ini tepat 4 tahun kami sama-sama lulus di IAIN. Dengan perjuangan berdarah-darah dan tingkat stress yang menjadi-jadi (hahahahah) akhirnya kami bisa wisuda, saatnya bilang Alhamdulillah, kita lulus bareng.
Ya walaupun ada 1 orang yang tinggal, itupun karna universitas kami berbeda dan jenjang prodi yang diambil juga lumayan sulit. Tapi Insyaallah dara bakal nyusul tahun depan, buat anak teknik selesai 4.5 tahun itu ga mudah loh,,hanya orang2 tertentu yang mampu melewati itu karena biasanya ada yang sampe 6-7 tahun baru menyelesaikan studinya di teknik...hehehe salut deh sama dara^^ (Oya dara nyusul biar bisa naik level selanjutnya, jangan sampe dikata-katain sama our best friend “jangan sampe 2-0 ya!!!wkwkwkwkwkwkwk


Wisuda Santri Tahun 2008

Wisuda Sarjana Tahun 2012


Ini Bukan “Finish” Kawan!
Ini bukan akhir dari segalanya kawan, kesuksesan kita ini baru dimulai. Kita akan menjalani kehidupan yang lebih real dan akan menapaki hidup kita masing-masing. Ibarat kata kita baru melewati level pertama, Masih banyak hal yang harus kita kejar dan terus naik level, so teruslah mencari dan mewujudkan impian kita masing-masing. Jangan hanya merasa puas dengan apa yang kita dapatkan sekarang, teruslah mengukir prestasi dan membuat orang tua bangga, Tentunya kita juga berdoa semoga Allah memberikan kita kesusksesan dan orang tua kita diberikan kesempatan untuk menyaksikan kesuksesan2 kita selanjutnya.
Mulai sekarang kita akan menjalani kehidupan masing dengan profesi yang berbeda, namun walau terhalang jarak dan waktu semoga persahabatan dan silaturahmi yang kita rajut tetap bersemi indah dalam ridha Allah.


“Kamu sangat berarti istimewa dihati slamanya rasa ini
Bila tua nanti kita tlah hidup masing2, ingatlah hari ini”
(Project Pop “Ingatlah hari Ini”)

Tempat Dingin, 20.25 WIB!!!





1 komentar:

Unknown mengatakan...

Kalo blh tau. Dara udah tunanggan. Kalo blh bantu ta'aruf saya dgn dara bisa, kalo bisa sms ke no saya 081361697074. Saya suka dgn dara.